Sesuai janji gw tempo lalu, kalau gw bakal
ulas semua penghuni pabrik gula sebelah desa gw.
sebelum gw mulai gak ada salahnya kalau kalian melihat sekeliling kalian, karena bisa jadi, kalian tidak sendirian menikmati sajian cerita gw malam ini. ingat, kita gak pernah sendirian.
sebelum gw mulai gak ada salahnya kalau kalian melihat sekeliling kalian, karena bisa jadi, kalian tidak sendirian menikmati sajian cerita gw malam ini. ingat, kita gak pernah sendirian.
Pabrik Gula S**M***O, adalah salah satu
Pabrik gula terbesar di wilayah ini. tidak hanya terbesar melainkan satu2nya
pabrik yg di bangun disini.
berdirinya pabrik gula ini sendiri jauh sebelum gw lahir di dunia ini.
Besar, megah dan luas adalah hal yg membuatnya di kenal luas.
berdirinya pabrik gula ini sendiri jauh sebelum gw lahir di dunia ini.
Besar, megah dan luas adalah hal yg membuatnya di kenal luas.
namun, jauh dari kalimat itu, ada dunia yg
tidak bisa di lihat oleh mata telanjang. sesuatu yg akan membuat orang ngeri
bila apa yg ada di balik nama besar pabrik itu adalah, KERAJAAN DEMIT.
banyak yg sadar atau tanpa sadar pernah mengalaminya, karena disini adalah pusatnya.
banyak yg sadar atau tanpa sadar pernah mengalaminya, karena disini adalah pusatnya.
Pabrik gula ini berdiri di tanah seluas
ratusan hektar, gw gak tau seberapa luas, tapi bila di bandingkan dengan desa
gw, bisa ratusan kali luas desa gw, padahal, desa gw di bagi menjadi 12 RT. so,
bisa kalian bayangkan sendiri berapa luasnya. (tidak termasuk kebun tebu).
sebegitu besarnya luas Pabrik, sampai2 di
buat 4 zona untuk menggambarkan keseluruhan pabrik ini.
4 Zona itu, disebut dengan zona Timur, Barat, Selatan dan Utara.
gw bakal ulas perlahan2, karena apa yg gw sajikan membutuhkan detail agar kalian bisa membayangkan berdiri di sini.
4 Zona itu, disebut dengan zona Timur, Barat, Selatan dan Utara.
gw bakal ulas perlahan2, karena apa yg gw sajikan membutuhkan detail agar kalian bisa membayangkan berdiri di sini.
terlepas dari betapa luas dan besarnya
pabrik ini, batas yg paling mencolok adalah, pabrik ini diapit oleh 2 Desa,
sebut saja Desa A dan Desa B.
Desa gw adalah Desa A, kenapa gw mengatakan ini, karena semua ini, nanti berhubungan satu sama lain.
Desa gw adalah Desa A, kenapa gw mengatakan ini, karena semua ini, nanti berhubungan satu sama lain.
Pagi itu, udara sangat dingin. gw baru aja
selesai habis Sholat subuh di surah dekat rumah gw.
setelah shalat, biasanya anak2 desa akan ngumpul di depan surah. "mumpung Minggu, ayo mlaku2" kata temen gw Jamal.
semua temen2 gw, bersahut2an, setuju. gw, langsung tanya "gok ndi?"
setelah shalat, biasanya anak2 desa akan ngumpul di depan surah. "mumpung Minggu, ayo mlaku2" kata temen gw Jamal.
semua temen2 gw, bersahut2an, setuju. gw, langsung tanya "gok ndi?"
"yo opo lek nang pabrik. bekne nemu bal
tenis" (gimana kalau kedalam pabrik, kali aja nemu bola tenis)
ada hal yg selalu gw lakukan bareng anak2 desa, yaitu, masuk ke pabrik gula di samping desa, alasanya, disana banyak hal yg gw dan temen2 gw suka.
salah satunya, bola tenis.
ada hal yg selalu gw lakukan bareng anak2 desa, yaitu, masuk ke pabrik gula di samping desa, alasanya, disana banyak hal yg gw dan temen2 gw suka.
salah satunya, bola tenis.
jadi, tiap sabtu sore, para petinggi pabrik
gula akan bermain di lpangan tenis di daam pabrik. satu dari banyak fasilitas
untuk pekerja yg suka dengan olahraga tenis, dan biasanya banyak bola tenis yg
keluar lapangan dan menghilang di rerumputan liar yg tumbuh di samping lapangan
bola itu lah yg nanti kita pungut, buat di
bawa pulang. kenapa harus bola tenis?
bola tenis selain mahal, bisa di pakai untuk berbagai permainan tradisional sehingga di mata gw dan anak2 lain yg masih bocah, bola itu sama berharganya dengan mainan grade mahal.
bola tenis selain mahal, bisa di pakai untuk berbagai permainan tradisional sehingga di mata gw dan anak2 lain yg masih bocah, bola itu sama berharganya dengan mainan grade mahal.
selain bola tenis, alasan kami suka masuk ke
dalam pabrik, karena suasananya, sejuk, di dalam lahan yg sebegitu luasnya,
banyak pohon tua dan besar, sehingga meski siang hari, cahaya matahari tidak
bisa menembus, menciptakan suasana damai dan sejuk.
lalu apalagi?
lalu apalagi?
jawabanya. pohon Juwet, mangga, jambu, yg
sama sekali tidak pernah di panen, di biarkan buahnya masak secara alami,
karena, gk ada orang yg tertarik dengan buah itu selain kami. anak2 desa.
berangkatlah kami menuju pabrik gula, jalur yg biasa kami lalui, adalah jalur Timur.
berangkatlah kami menuju pabrik gula, jalur yg biasa kami lalui, adalah jalur Timur.
namun, kami terhenti ketika sampai di jalur
Timur. "loh, kok tutup" kata Andi.
gw baru inget, hari minggu gerbang timur di tutup, karena hari minggu adalah waktu jemaat gereja untuk berkumpul.
Gerbang timur identik dengan pagar besi tinggi, di sampingnya ada gereja.
gw baru inget, hari minggu gerbang timur di tutup, karena hari minggu adalah waktu jemaat gereja untuk berkumpul.
Gerbang timur identik dengan pagar besi tinggi, di sampingnya ada gereja.
"gereja jawi wetan" itu yg gw
inget. gerejanya tidak kalah tua sama pabrik, sudah berdiri sebelum gw di
lahirkan.
namun, konon, gereja ini terkenal angker. tapi, sabar, nanti akan ada waktunya buat bahas gereja ini.
gw dan yg lain, kebingungan. kayanya, bakal batal.
namun, konon, gereja ini terkenal angker. tapi, sabar, nanti akan ada waktunya buat bahas gereja ini.
gw dan yg lain, kebingungan. kayanya, bakal batal.
sampe si Udin nyeletuk. "yo opo nek
liwat perumahan londo" (gimana kalau lewat perumahan belanda?"
gw, terdiam sebentar. mendengar nama perumahan londo, membuat gw begidik ngeri. karena, jauh di jalur Utara memang ada gerbang tua. gerbang itu sudah lama di tinggalkan.
gw, terdiam sebentar. mendengar nama perumahan londo, membuat gw begidik ngeri. karena, jauh di jalur Utara memang ada gerbang tua. gerbang itu sudah lama di tinggalkan.
di sebelahnya, ada tanah luas, berpagar,
disana, berjejer rumah besar nan megah, ada sekitar 6 sampai 7 rumah dengan
gaya arsitek yg sama, arsitek khas Belanda.
sejarahnya sendiri, rumah itu dulu memang bekas rumah orang2 belanda yg memiliki jabatan di pabrik gula ini.
sejarahnya sendiri, rumah itu dulu memang bekas rumah orang2 belanda yg memiliki jabatan di pabrik gula ini.
namun, yg bikin gw merinding adalah, semua
rumah itu sudah kosong bertahun2, tidak di tinggali lagi, bahkan hingga saat
ini, dan cerita dari mulut ke mulut, kabarnya, banyak yg pernah melihat,
seseorang berdiri di kaca, menatap kosong jalanan, ketika seseorang melintas,
mereka, melihat. Orang Belanda lengkap
dengan pakaian khas mereka. tersenyum, menyambut siapapun yg lewat.
alasan kenapa temen gw ngusulin itu, karena
di perumahan londo, tepatnya di rumah paling ujung ada tembok pembatas, di
salah satu bagian temboknya sudah runtuh beberapa bagian, jadi dapat di panjat
oleh kami yg masih anak2.
kami pun menuju jalur utara, jalan kaki menyusuri jalan
kami pun menuju jalur utara, jalan kaki menyusuri jalan
sampai disana, satu demi satu kami memanjat,
melompat dan sampailah di depan rumah megah yg berjejer. hal yg paling
menganggu dari rumah ini adalah gaya desain rumah ini yg hampir sama
semua.
yg paling mencolok, kaca hitam besar di samping pintu.
yg paling mencolok, kaca hitam besar di samping pintu.
setiap melewati rumah itu ane berusaha untuk
tidak melihat ke dalam kaca itu, karena setiap melihat kaca itu, ane terbayang
wajah2 belanda yg sering gw bayangin karena cerita2 yg tersebar.
namun, gw selalu gagal.
gw selalu melihat ke arah sana, memang tidak ada apa2, tapi
namun, gw selalu gagal.
gw selalu melihat ke arah sana, memang tidak ada apa2, tapi
bulukuduk selalu merinding tiap melihatnya.
teman2 gw yg lain tampak biasa saja, berjalan tanpa beban, sedangkan gw, was2, perasaan tidak enak ketika melewati rumah itu selalu muncul tiba2. seolah2 gw sudah di tunggu oleh mereka. mereka yg menghuni perumahan Londo ini.
teman2 gw yg lain tampak biasa saja, berjalan tanpa beban, sedangkan gw, was2, perasaan tidak enak ketika melewati rumah itu selalu muncul tiba2. seolah2 gw sudah di tunggu oleh mereka. mereka yg menghuni perumahan Londo ini.
akhirnya gw dan yg lain sampe di jalan kecil
yg menuju ke kawasan pabrik, gw bisa lihat gerbang utara yg di kerangkeng
dengan rantai di belakang, akhirnya gw menyusuri jalanan itu, di timur terlihat
samar2 bangunan tua sekolah TK yg di pisah dengan pagar kawat tinggi.
sebelum gw lanjutin, gak ada salahnya gw
bagi, denah Lokasi Zona Utara yg akan jadi fokus cerita kita malam ini.
perhatikan setiap lokasi detail tempat2nya.
perhatikan setiap lokasi detail tempat2nya.
ada satu hal yg bikin gw bertanya2, sebuah
lahan kosong yg ditumbuhi oleh pohon mangga, anehnya, di bawahnya rumput
tinggi2 setinggi lutut orang dewasa, dalam hati gw bertanya, "kenapa orang
pabrik gk ada yg motong rumput itu, biar bersih saja"
namun rupanya semua ada alasanya
namun rupanya semua ada alasanya
lapangan tenis sudah terlihat, di samping
lapangan tenis ada 2 pohon Asem yg sudah berumur puluhan tahun. besar sekali
dan mencolok di bandingkan pohon2 lain, sehingga lapangan tenis begitu sejuk di
tutupi rindangnya dedaunan pohon asem.
jauh di belakang lapangan tenis tepatnya di
antara lahan kosong dan gedung TK, ada satu pohon lagi yg mencolok. yaitu,
pohon Beringin. (sampe sekarang tahun 2019 pohon ini masih berdiri)
gw gak pernah suka pohon itu. bahkan sejak gw bersekolah di TK gw masih inget jelas kenangan-kenangan yg nanti akan gw ceritain secara perlahan. intinya, pohon itu berada di tempat yg terisolasi, butuh waktu untuk menembus tingginya rumput liar di samping lapangan tenis.
gw gak pernah suka pohon itu. bahkan sejak gw bersekolah di TK gw masih inget jelas kenangan-kenangan yg nanti akan gw ceritain secara perlahan. intinya, pohon itu berada di tempat yg terisolasi, butuh waktu untuk menembus tingginya rumput liar di samping lapangan tenis.
akhirnya kami masuk ke lapagan tenis, ada pintu pagar kawat di sekelilingnya,
sangat tinggi pagar kawatnya, berguna agar
bola tidak keluar dari lapangan, namun selalu ada saja bola yg berhasil keluar.
disana, kami mulai mencari bola tenis yg mungkin masih ada sisa sabtu sore kemarin ketika petinggi pabrik bermain.
disana, kami mulai mencari bola tenis yg mungkin masih ada sisa sabtu sore kemarin ketika petinggi pabrik bermain.
namun, mata gw gk fokus. gw lebih tertuju
pada 2 pohon asem yg bersebelahan sama besarnya
entah disana ada apa, tapi, bulu leher gw selalu meremang setiap melihat pohon itu.
"aku nemu bal kilo"(aku nemuin bola ini loh) teriak temen gw si Jamal.
gw dan udin serta Dayat mendekat
entah disana ada apa, tapi, bulu leher gw selalu meremang setiap melihat pohon itu.
"aku nemu bal kilo"(aku nemuin bola ini loh) teriak temen gw si Jamal.
gw dan udin serta Dayat mendekat
bola segera di amankan di saku milik jamal,
kami akhirnya bermain2 dahulu di lapangan tenis. tempatnya adem dan bener2 enak
buat rebahan tidur, tapi, ada yg mengganjal pikiran gw, seolah2 ada yg
ngelihatin gw entah darimana.
Dayat yg pertama usul. "pumpung nang
kene, ayok golek jambu, wes mateng koyok'e" (mumpung disini, ayo nyari
jambu, sudah matang kayanya)
bicara tentang jambu, ada satu tempat dimana kami bisa menemukan banyak pohon jambu biji. jawabanya, adalah Rumah Dinas Supervisor.
bicara tentang jambu, ada satu tempat dimana kami bisa menemukan banyak pohon jambu biji. jawabanya, adalah Rumah Dinas Supervisor.
akhirnya kami pergi lebih ke barat, di
samping kiri kami bisa melihat berjejer rumah besar, tidak sebesar permahan
londo, namun rumah disini sudah cukup besar, karena rumah ini di khsuskan untuk
para Suprvisor pabrik. sayangnya, setahu gw hanya 2 atau 3 rumah yg di huni
sisanya?
sisanya?
sisanya? di biarkan kosong tak berpenghuni,
alasanya, karena ada cerita yg sangat mengerikan yg pernah gw dengar dari
seseorang di tempat ini. kisah itu adalah, di datangi pasukan POCONG.
awalnya cerita ini gw denger dari Mas
Hendra.
Mas Hendra ini dari luar kota, beliau dapat kerja di pabrik ini lewat pamanya, om Ardi yg kebetulan menjabat jadi supervisor.
selama bekerja di pabrik ini. om Ardi dapat rumah dinas, dan di ajaklah mas Hendra menginap,
Mas Hendra ini dari luar kota, beliau dapat kerja di pabrik ini lewat pamanya, om Ardi yg kebetulan menjabat jadi supervisor.
selama bekerja di pabrik ini. om Ardi dapat rumah dinas, dan di ajaklah mas Hendra menginap,
mas Hendra nurut saja, karena memang beliau
waktu itu masih muda, belum kepikiran ngekost apalagi punya rumah. singkatnya
suatu malam, om Ardi pamit, katanya beliau sudah urus cuti dan rencananya mau
pulang kampung. disinilah mas Hendra akan di tinggal di rumah itu sendirian.
mas Hendra yg tidak tau apa2 dan baru
mengenal lingkungan ini jawab iya2 saja, toh rumahnya besar dan nyaman.
sebelum om Ardi pergi, beliau berpesan.
"Nek awakmu krungu suara opo ae, gak usah metu. tinggal turu ae yo le"
sebelum om Ardi pergi, beliau berpesan.
"Nek awakmu krungu suara opo ae, gak usah metu. tinggal turu ae yo le"
(kalau kamu denger suara apa saja, tidak
usah keluar, di tinggal tidur saja ya nak)
mas Hendra cuma magut2, beliau tidak bertanya lebih rinci, mungkin hanya pesan biasa saja. pikirnya, rupanya, itu bukan sekedar pesan biasa, melainkan sebuah peringatan.
mas Hendra cuma magut2, beliau tidak bertanya lebih rinci, mungkin hanya pesan biasa saja. pikirnya, rupanya, itu bukan sekedar pesan biasa, melainkan sebuah peringatan.
Malam semakin larut. mas Hendra duduk di
teras menikmati semilir angin malam, berkawan segelas kopi dan rokok beliau
memandang ke kanan kiri, namun sepi.
om Ardi sendiri bilang, samping kiri kanan rumah ada penghuninya tapi, mas Hedra tidak pernah berjumpa sama sekali.
om Ardi sendiri bilang, samping kiri kanan rumah ada penghuninya tapi, mas Hedra tidak pernah berjumpa sama sekali.
"mungkin sudah tidur" pikir mas
Hendra,
semakin larut, suara hewan malam terdengar semakin riuh, mas Hendra bersiap mau masuk rumah, namun, beliau di kejutkan oleh suara asing yg tiba2 melintas. "ngiriiikiiki" itu adalah ringkikkan kuda.
mas Hendra kaget.
semakin larut, suara hewan malam terdengar semakin riuh, mas Hendra bersiap mau masuk rumah, namun, beliau di kejutkan oleh suara asing yg tiba2 melintas. "ngiriiikiiki" itu adalah ringkikkan kuda.
mas Hendra kaget.
"bagaimana bisa ada suara kuda di
tempat seperti ini" namun, rupanya, tidak hanya sekali namun berkali2,
jadi beliau mengambil senter dan jaket, mencari dimana sumber suara itu.
tanpa mas Hendra sadari, beliau meninggalkan perumahan Dinas, melangkah melewati jalanan sepi.
tanpa mas Hendra sadari, beliau meninggalkan perumahan Dinas, melangkah melewati jalanan sepi.
penerangan di kawasan pabrik memang tidak
terlalu bagus, berbekal cahaya bulan. mas Hendra menelusuri jalan, ia bergerak
menuju lapangan tenis, namun suara itu semakin jauh, rasa penasaran memenuhi
isi kepalanya, mas Hendra tidak memikirkan apapun, lebih tepatnya belum curiga.
rupanya, tanpa mas Hendra sadari beliau
sudah memasuki perumahan Londo, kali ini suara yang awalnya mas hebdra ikuti itu tiba tiba sudah lenyap dan mas Hendra
seolah baru sadar, dia sudah berjalan sejauh ini.
berniat ingin kembali, mas Hendra mencium aroma wangi. di hirupnya aroma itu, semakin lama semakin menyengat.
berniat ingin kembali, mas Hendra mencium aroma wangi. di hirupnya aroma itu, semakin lama semakin menyengat.
penasaran, mas Hendra mengintip perumahan
Londo, dari balik pohon randu. di lihatnya dengan seksama apa yg ada di depan
sana.
kaget bercampur bingung. di salah satu rumah, ada sosok yg tengah berdiri, mengenakan gaun putih panjang sampai lantai, sosok itu menatap jalanan.
kaget bercampur bingung. di salah satu rumah, ada sosok yg tengah berdiri, mengenakan gaun putih panjang sampai lantai, sosok itu menatap jalanan.
rambutnya pirang. posturnya tinggi, ramping
dan berbau wangi. dalam kebingungan, mas Hendra baru sadar. bagaimana bisa ada
orang di rumah itu, bukanya om Ardi mengatakan tempat itu kosong melompong.
rupanya perasaan mencelos itu membuat sosok itu sadar tengah di intip.
rupanya perasaan mencelos itu membuat sosok itu sadar tengah di intip.
sosok itu memandang pohon randu tempat mas
Hendra bersembunyi.
mas Hendra berdiam diri, mencoba agar sosok itu tidak mendekati, rupanya, wewangian itu semakin menyengat seolah sosok itu mendekatinya. mas Hendra berbalik untuk mengintip kembali. benar saja dugaanya.
mas Hendra berdiam diri, mencoba agar sosok itu tidak mendekati, rupanya, wewangian itu semakin menyengat seolah sosok itu mendekatinya. mas Hendra berbalik untuk mengintip kembali. benar saja dugaanya.
none belanda itu rupanya mendekatinya,
tertawa nyaris cekikikan, yg bikin mas Hendra lari terbirit2, sosok itu
mendekatinya terbang. kakinya tidak menyentuh tanah sama sekali.
tak perduli kemana ia berlari, yg penting, menyelamatkan diri terlebih dahulu.
tak perduli kemana ia berlari, yg penting, menyelamatkan diri terlebih dahulu.
sampai akhirnya mas Hendra berhenti untuk
mengistirahatkan kaki. baru sadar, ia berlari jauh ke samping lapangan tenis.
di bawah 2 pohon besar ASEM rupanya mas Hendra tidak sendirian. ia, di temani
oleh sosok yg sangat besar, yg di lihatnya nyaris seperti pohon Asem itu ternyata adalah kakinya,
gw yg denger mas Hendra cerita, cuma bergidik ngeri dan terbayang2.
tanpa pikir panjang mas Hendra kembali berlari, Rumah dinasnya beberapa ratus meter lagi, ketika akhirnya beliau sampai di pintu. mas Hendra langsung pergi tidur di kamar.
namun, rupanya. malam mengerikan ini belum
berakhir, karena terorr yg selanjutnya adalah puncak terorr yg membuat mas
Hendra angkat kaki dari rumah Dinas khusus Supervisor itu.
teror pasukan POCONG nan mengerikan.
teror pasukan POCONG nan mengerikan.
masih di malam yg sama, mas Hendra berusaha
melupakan apa yg baru dia lihat.
seumur2 dia belum pernah bertemu apaagi melihat hal di luar logika karena sebelumnya ia hanya mendengar dari orang2. namun, jam 1 dinihari tidak membuat mas Hendra bisa tidur, sebaliknya, ia kepikiran
seumur2 dia belum pernah bertemu apaagi melihat hal di luar logika karena sebelumnya ia hanya mendengar dari orang2. namun, jam 1 dinihari tidak membuat mas Hendra bisa tidur, sebaliknya, ia kepikiran
wajah nona belanda rupanya benar2 membuat
mas Hendra kepikiran, wajahnya menakutkan ketika tersenyum terutama ia bisa
terbang.
bagaimana bila dia datang ke rumah ini. hal2 seperti itu rupanya membuat mas Hendra semakin tidak nyaman. ia berkali2 kepikiran untuk pergi, tapi kemana
bagaimana bila dia datang ke rumah ini. hal2 seperti itu rupanya membuat mas Hendra semakin tidak nyaman. ia berkali2 kepikiran untuk pergi, tapi kemana
rupanya, kecemasan yg merasuki mas Hendra
mengaburkan sosok yg memanggil2 namanya dari luar kamarnya.
tepat di jendela, mas Hendra mendengar seseorang memanggil2.
"Mas. tolong, mas"
kaget bercampur takut, mas Hendra menjauh dari jendela.
tepat di jendela, mas Hendra mendengar seseorang memanggil2.
"Mas. tolong, mas"
kaget bercampur takut, mas Hendra menjauh dari jendela.
namun, suara itu semakin nyaring karena
sepertinya tidak hanya satu suara melainkan sperti bersama2. mas Hendra lari ke
ruang tamu.
di ruang tamu sama sekali tidak mengurangi rasa takut mas Hendra karena suara itu semakin terdengar. akhirnya, mas Hendra memberanikan diri melihat
di ruang tamu sama sekali tidak mengurangi rasa takut mas Hendra karena suara itu semakin terdengar. akhirnya, mas Hendra memberanikan diri melihat
mas Hendra membuka selambu jendela ruang
tamu yg menghadap halaman rumah, betapa terkejutnya mas Hendra rupanya di
depanya, banyak sekali pocong menatap rumah mas Hendra.
tidak hanya satu, melainkan lebih dari 10 pocong mengelilingi rumah dinas itu.
mereka terus meminta tolong
tidak hanya satu, melainkan lebih dari 10 pocong mengelilingi rumah dinas itu.
mereka terus meminta tolong
semalam suntuk dan ketika adzhan subuh
berkumandang, pocong itu akhirnya lenyap.
esoknya ketika om Ardi datang, dan melihat mas Hendra yg tampak shock, om Ardhi seolah2 tahu.
"koen kenek opo le?" (kamu kenapa le?)
esoknya ketika om Ardi datang, dan melihat mas Hendra yg tampak shock, om Ardhi seolah2 tahu.
"koen kenek opo le?" (kamu kenapa le?)
mas Hendra segera menceritakan
semuanya.
"koen iku tuman, kan wes di penging" (kamu itu ceroboh, kan sudah di larang)
disni, om Ardi bercerita, bila kedatangan pocong itu kesini biasanya di karenakan mas Hendra sudah menganggu dayangnya, yaitu nona belanda
"koen iku tuman, kan wes di penging" (kamu itu ceroboh, kan sudah di larang)
disni, om Ardi bercerita, bila kedatangan pocong itu kesini biasanya di karenakan mas Hendra sudah menganggu dayangnya, yaitu nona belanda
ada keterikatan apa mas Hendra tidak
mengerti namun, rupanya, ada kasta di dalam pabrik ini, sehingga bila melihat
pengghuni satu biasanya akan mandatangkan penghuni lain, dan bisa di bilang,
pasukan pocong itu merupakan kasta terbawah di bandingkan nona belanda.
gak yakin gw bisa nuntasin cerita ini malam
ini. padahal ini masih Zona utara, dan masih banyak yg belum gw ekspos?
Lanjut apa besok aja ya di cicil?
Lanjut apa besok aja ya di cicil?
jadi rupanya ada kasta di antara para
penghuni di pabrik ini.
setiap tempat ternyata memang berpenghuni, hanya saja, kasta mereka berbeda2, ada yg paling kuat hingga paling lemah, ada yg paling ganas namun ada juga yg sekedar usil menampakkan diri. lalu, dimana yg paling kuat?
setiap tempat ternyata memang berpenghuni, hanya saja, kasta mereka berbeda2, ada yg paling kuat hingga paling lemah, ada yg paling ganas namun ada juga yg sekedar usil menampakkan diri. lalu, dimana yg paling kuat?
jawabanya ada di lahan kosong di samping
gerbang tidak terpakai di utara. tempat dimana rumputnya tidak pernah di
potong.
dahulu, sebenarnya lahan itu akan di alih fungsikan untuk parkir truk yg mengangkut tebu, jadi di lakukan pembabatan guna membebaskan lahan dari rumput liar
dahulu, sebenarnya lahan itu akan di alih fungsikan untuk parkir truk yg mengangkut tebu, jadi di lakukan pembabatan guna membebaskan lahan dari rumput liar
pekerja pabrik mulai melakukan pembersihan,
rumput di babat, sampai pohon mangga disana akan di tumbangkan. namun, rupanya,
hal yg mereka lakukan membawa kemarahan yg besar bagi penghuninya.
tepat setelah malam hari. semua pekerja disana, jatuh sakit.
tepat setelah malam hari. semua pekerja disana, jatuh sakit.
beberapa di antaranya bermimpi, di temui
seorang wanita yg sangat cantik, wanita itu berpesan agar tidak melanjutkan apa
yg akan mereka kerjakan. karena bila di lanjutkan, akan terjadi hal2 yg tidak
di inginkan
beberapa percaya, beberapa nekat tetap melanjutkan. keanehan terjadi
beberapa percaya, beberapa nekat tetap melanjutkan. keanehan terjadi
gergaji mesin yg di gunakan untuk
menumbangkan pohon disana, semuanya patah, seolah pohon2 itu terbuat dari besi,
tidak hanya itu, beberapa kali mereka di ganggu oleh ular yg melintas tiba2,
namun, yg paling aneh, rumput yg di potong kemarin tumbuh seperti semua.
seolah2 mereka tidak pernah memotongnya
sebelumnya. hal2 tidak wajar ini, membuat para pekerja ketakutan. terutama sang
mandor, yg firasatnya menjadi tidak enak.
akhirnya, pak mandor memutuskan menghentikan pekerjaan sementara sekaligus memanggil orang pintar.
akhirnya, pak mandor memutuskan menghentikan pekerjaan sementara sekaligus memanggil orang pintar.
ketika di terawang tempat itu, si orang
pintar hanya berpesan. "jangan lanjutkan. bila kalian tidak mau meregang
nyawa"
bingung, sang mandor bertanya, "kenapa mbah?"
sang mandor menunjuk suatu tempat yg bisa di katakan, paling dalam di lahan kosong itu.
bingung, sang mandor bertanya, "kenapa mbah?"
sang mandor menunjuk suatu tempat yg bisa di katakan, paling dalam di lahan kosong itu.
"itu adalah rumahnya, tempat makhluk yg
tidak pernah menerima kehadiran kalian disini"
"apakah tidak bisa di usir mbah?" tanya sang mandor
si orang pintar kemudian tersenyum kecut. "berani bayar berapa kamu dengan harga nyawaku?"
si mandor terkejut. "nyawa mbah?"
"apakah tidak bisa di usir mbah?" tanya sang mandor
si orang pintar kemudian tersenyum kecut. "berani bayar berapa kamu dengan harga nyawaku?"
si mandor terkejut. "nyawa mbah?"
"iya nyawa, saya tadi sudah berbincang
sama dia. dia bilang nyawa sampeyan2 ini yg jadi taruhanya. itu pun gak akan
bisa kalian babat lahan ini. mau mati konyol sampeyan?" tekan si mbah.
akhirnya si orang pintar bercerita.
Pabrik tempatmu bekerja adalah sarang kerajaan demit
akhirnya si orang pintar bercerita.
Pabrik tempatmu bekerja adalah sarang kerajaan demit
kaget bercampur bingung, sang mandor
bertanya kembali "maksudnya mbah?"
"ya ini pusatnya kerajaan demit. tau demit tidak?"
jadi, rupanya, penghuni lahan kosong itu adalah seorang wanita cantik namun bertubuh ular hijau. selain itu, si ratu ular ini ibaratnya adalah panglimanya
"ya ini pusatnya kerajaan demit. tau demit tidak?"
jadi, rupanya, penghuni lahan kosong itu adalah seorang wanita cantik namun bertubuh ular hijau. selain itu, si ratu ular ini ibaratnya adalah panglimanya
di setiap sudut pabrik, selalu ada yg
terkuat dan menjaga wilayah teritorinya sendiri, termasuk di bagian utara yg di
jaga oleh siluman ular.
inget gw pernah bikin thread tentang di incar penghuni pabrik, rupanya, itu masih berhubungan sama siluman ini.
inget gw pernah bikin thread tentang di incar penghuni pabrik, rupanya, itu masih berhubungan sama siluman ini.
karena yg mengganggu gw, itu masih anakanya.
alias anak dari siluman ini, bisa di bayangkan, kalau anaknya saja butuh orang
sekelas nyai asih, gimana bila mbok2anya (ratunya) , si orang pintar sampai
mengatakan nyawa adalah taruhanya bila berani mengusik wilayahnya.
namun semua ini tidak berhenti sampai
disini, setelah pabrik ini tutup, ada sebuah cerita yg menimpa warga desa B.
warga desa B ini, adalah seorang lelaki tua yg keseharianya mencari rumput untuk pakan ternaknya, entah tidak ada yg memberitahu atau tidak, ia tergiur
warga desa B ini, adalah seorang lelaki tua yg keseharianya mencari rumput untuk pakan ternaknya, entah tidak ada yg memberitahu atau tidak, ia tergiur
tergiur dengan rumput liar yg tumbuh di
lahan kosong. tanpa berpikir panjang, ia memutuskan membabat rumput liar itu,
tidak sampai setengah hari, karung yg ia bawa penuh dengan rumput untuk mengenyangkan
hewan ternaknya.
ia segera pulang dengan rumput2nya, tanpa ia sadari,
ia segera pulang dengan rumput2nya, tanpa ia sadari,
ia juga membawa pulang malapetaka
bersamanya.
Malamnya, ia terbaring sakit. badanya demam, panas, sudah di beri obat namun seperti tidak berpengaruh. tidak hanya itu, si lelaki tua meronta menahan sakit yg teramat sangat, seperti di siksa oleh sesuatu.
Malamnya, ia terbaring sakit. badanya demam, panas, sudah di beri obat namun seperti tidak berpengaruh. tidak hanya itu, si lelaki tua meronta menahan sakit yg teramat sangat, seperti di siksa oleh sesuatu.
rupanya, ada orang yg tidak sengaja melewati
rumahnya, ketika orang asing itu melewati rumahnya, ia kaget, karena di depan
rumah lelaki tua, ada wanita bertubuh ular sedang menari2 di depan rumah.
dalam hati, orang itu hanya berkata. "sebuah bencana ada di rumah ini"
dalam hati, orang itu hanya berkata. "sebuah bencana ada di rumah ini"
keesokan harinya, orang asing itu bertamu.
ia di sambut sang isteri, bertanyalah orang itu dan akhirnya si isteri
bercerita, ia meminta ijin untuk melihat lelaki tua itu.
di luar dugaan, kondisinya sudah sangat parah. bahkan beberapa kali, lelaki tua itu meracau minta mati.
di luar dugaan, kondisinya sudah sangat parah. bahkan beberapa kali, lelaki tua itu meracau minta mati.
lewat usul orang asing itu, si lelaki tua di
bawa ke guru spiritualnya, namun rupanya, semua sudah terlambat. tarian yg di
lakukan wanita ular itu adalah tarian kematian untuk si lelaki tua.
namun, semua belum berakhir. di tubuh lelaki tua itu, di temukan sisik ular.
namun, semua belum berakhir. di tubuh lelaki tua itu, di temukan sisik ular.
si isteri hanya menangisi jasad suaminya yg
malang. orang asing itu akhirnya memberi saran, agar pemakamanya di lakukan
dengan tertutup untuk menghindari aib dan mulut orang2 tak bertanggung jawab.
namun, semua orang tau akan kisah ini dan tidak begitu terkejut ktika
mendengarnya
gw dan yg lainya akhirnya bergegas pulang,
manakala hari sudah terik, dengan jambu biji sekresek, kita sepakat mau lewat
gerbang utara, di samping lahan kosong. rupanya, Udin benar, di dekat gerbang
ada kawat yg bisa di tarik sehingga kami bisa menerobos lewat.
jujur gw masih merinding tiap lihat lahan
itu, auranya gelap dan mencekam. namun, gw masih inget pesan seseorang.
"asal kamu gak ganggu, dia juga gak akan menganggu. mereka butuh alasan
untuk menganggu"
gw berjelan menelusuri jalur utara, sampai gw melihat, gedung TK lama gw
gw berjelan menelusuri jalur utara, sampai gw melihat, gedung TK lama gw
melihat gedung Tk sekolah gw mengingatkan gw
akan peristiwa itu, waktu gw masih TK, dimana ada satu peristiwa yg gak bakal
pernah gw lupain, peristiwa tentang,
gw, Endah, dan pohon beringin tua, di belakang gedung sekolah, tepatnya di samping lahan kosong itu.
gw, Endah, dan pohon beringin tua, di belakang gedung sekolah, tepatnya di samping lahan kosong itu.
dimana, gw melihat ada gadis kecil yg
menjaga pohon beringin tua itu?
@bacahorror #bacahorror
@bacahorror #bacahorror
hal yg gak banyak orang tau adalah, gw gk
bisa lihat secara langsung tapi, gw bisa memvisualisasikan sesuatu dari cerita
orang lain. lalu bagaimana gw tau tentang gadis kecil yg menunggu pohon
beringin?
Endah lah yg memberitahu gw pertama kali akan sosok ini.
Endah lah yg memberitahu gw pertama kali akan sosok ini.
sosok yg akan gw ceritakan malam ini.
kita balik jauh ke belakang saat gw masih TK
disini.
TK ini, di bangun sama persis di samping lahan kosong, bila di lihat dari denah lokasinya cukup jauh dari lapangan tenis, namun, jaraknya cukup dengan pohon beringin.
nah, pohon beringin inilah yg akan jadi fokus cerita kita
TK ini, di bangun sama persis di samping lahan kosong, bila di lihat dari denah lokasinya cukup jauh dari lapangan tenis, namun, jaraknya cukup dengan pohon beringin.
nah, pohon beringin inilah yg akan jadi fokus cerita kita
sebelumnya, gw mau kasih tau. sampai saat
ini, tanggal 6 maret 2019, pohon beringin ini masih berdiri, termasuk lahan
kosong itu yg memang tidak ada yg berani menyentuhnya. jujur, gw pengen ambil
gambarnya, biar kalian bisa lihat, tapi, gw harus urungkan. gw tau, mereka gak
suka.
lanjut ke cerita. ketika gw TK, pohon
beringin itu memang seringkali mencuri perhatian gw, entah kenapa ada energi
negatif yg bikin gw gak bisa mengalihkan pandangn tiap gw melewati halaman
sekolah.
TK gw sendiri adalah bangunan peninggalan Belanda, sehingga desainya ckup seram
TK gw sendiri adalah bangunan peninggalan Belanda, sehingga desainya ckup seram
banyak kisah mistis yg simpang siur selama
gw bersekolah di TK ini. salah satunya adalah sosok yg tinggal di pohon
beringin tua itu, konon kabarnya, ada kuburan anak2 disana, namun, belum ada
bukti bahkan sampai thread ini gw tulis. jujur, sekarang gw merinding.
namun, kisah lain jg tidak kalah mengerikan,
satu yg selalu di ceritakan turun temurun, dahulu beredar cerita bahwa pondasi
yg di gunakan untuk bangunan sekolah adalah kuburan kuda.
jadi, dulu ini adalah tempat penjagalan kuda, dimana kepala dan tubuh binatang itu tersebar dsini
jadi, dulu ini adalah tempat penjagalan kuda, dimana kepala dan tubuh binatang itu tersebar dsini
sehingga, setiap malam, Pak abut si penjaga
sekolah seringkali mendengar suara kuda meringkih. ngomong soal suara kuda,
kisah ini berkaitan dengan suara yg di dengar mas Hendra, jadi yg jelas, zona
utara adalah zona dimana seringkali di temui suara kuda bergentayangan.
balik lagi ke gedung TK. ada 3 kelas yg
selalu di gunakan, yaitu kelas untuk anak 5 tahun yg di sebut nol kecil.
sedangkan 2 kelas untuk anak 6 tahun yg lebih di kenal dengan nama nol besar
selain 3 kelas itu, ada lagi beberapa ruangan, seperti ruangan guru. lalu, ruangan musik
selain 3 kelas itu, ada lagi beberapa ruangan, seperti ruangan guru. lalu, ruangan musik
ruangan musik jarang sekali di gunakan bila
tidak ada pak Mamat, guru pengajar musik. namun, banyak beredar cerita yg
selalu menarik perhatian gw, di sudut kelas musik, ada sebuah piano kecil,
piano itu kadang di gunakan pak mamat untuk mengajar.
mengerikanya adalah, seringkali lantunan
nada piano di mainkan bahkan di siang bolong sekalipun, yg menjadi masalahnya
adalah, setiap kali di lihat siapa yg memainkanya, tak seorangpun duduk di
kursi memainkan piano, seolah2 piano itu bermain dengan sendirinya.
gw sendiri belum pernah mendapat pengalaman
itu, jadi gw anggap itu hanya rumor kosong, termasuk rumor, anak kecil yg suka
menunggu di kamar kecil. tapi, ada satu rumor yg gak bisa gw katakan sebagai
omong kosong karena, rumor ini pernah gw buktikan dengan sendirinya.
rumor tentang gadis yg menghuni pohon
beringin.
kisahnya, di mulai ketika gw melihat Endah.
Endah adalah tetangga gw, sejujurnya kita sama2 tidak menyukai satu sama lain, namun, ayah kami memiliki ikatan yg erat sehingga akhirnya gw mencoba bersikap baik dengan dia.
kisahnya, di mulai ketika gw melihat Endah.
Endah adalah tetangga gw, sejujurnya kita sama2 tidak menyukai satu sama lain, namun, ayah kami memiliki ikatan yg erat sehingga akhirnya gw mencoba bersikap baik dengan dia.
namun dia, gk bisa di baca dari luar,
sifatnya lebih tertutup dari anak2 pada umumnya. disaat anak2 akan menghabiskan
waktu untuk bermain dan bersama teman2nya. Endah, hanya akan duduk memandang
satu titik yg paling gw benci di tempat ini.
itu adalah pohon beringin di belakang
itu adalah pohon beringin di belakang
pernah beberapa kali Endah tidak mengikuti
kelas hanya karena ia terlalu asyik melihat pohon itu, sampai guru kami, bu
Etik menegurnya beberapa kali. namun tetap saja, anak itu bertingkah aneh.
suatu hari, gw begitu penasaran, jadi gw putusin mendekatinya.
suatu hari, gw begitu penasaran, jadi gw putusin mendekatinya.
gw mencoba mengulik apa yg dia lihat selama
ini.
"opo seh seng mok delok?" (apa sih yg kmu lihat?) kata gw
"awamu eroh wit ringin iku?" (kamu lihat pohon beringin itu?)
"iyo" kata gw lagi.
"onok arek cilik seng ndelok kene sak iki" (ada anak kecil yg melihat kita saat ini)
"opo seh seng mok delok?" (apa sih yg kmu lihat?) kata gw
"awamu eroh wit ringin iku?" (kamu lihat pohon beringin itu?)
"iyo" kata gw lagi.
"onok arek cilik seng ndelok kene sak iki" (ada anak kecil yg melihat kita saat ini)
mendengar itu, perlahan gw bisa
memvisualisasikan ucapan Endah menjadi sebuah bayangan.
"cah wedon" (anak perempuan?) kata gw tiba2
Endah akhirnya melihat gw "isok ndelok tah?" (bisa melihat juga tah?)
gw langsung pergi, karena entah kenapa, firasat gw gak enak.
"cah wedon" (anak perempuan?) kata gw tiba2
Endah akhirnya melihat gw "isok ndelok tah?" (bisa melihat juga tah?)
gw langsung pergi, karena entah kenapa, firasat gw gak enak.
itu adalah pengalaman satu2nya yg gw inget
tentang makhluk ini, namun rupanya makhluk ini adalah makhluk yg sering maen ke
desa gw. karena apa yg terjadi berikutnya, dia merasuki salah seorang warga.
kejadianya sendiri di mulai siang bolong,
ketika gw sedang maen dengan anak2, gw denger baru saja terjadi sebuah
kehebohan, banyak warga yg mendekat, dan beramai2 memenuhi rumah.
penasaran, gw pun mendekat.
penasaran, gw pun mendekat.
rupanya mbah Bun, salah satu wanita tua yg
halamanya seringkali gw pake maen berteriak2 nyris histeris. suaminya Mbah
nang, mncoba menenangkanya berkali2, namun, mbah bun rupanya masih terus
menjerit2, gw yg sedari memperhatikan gelagat aneh itu akhirnya sadar, mbah bun
kesurupan
masalahnya adalah, mbah pun terus berteriak
dia minta pulang.
"Aku tak muleh, aku tak muleh" (aku mau pulang, aku mau pulang)
Mbah nang akhirnya yg pertama kali bertanya perihal itu. "muleh nang ndi" (pulang kemana?)
"Aku tak muleh, aku tak muleh" (aku mau pulang, aku mau pulang)
Mbah nang akhirnya yg pertama kali bertanya perihal itu. "muleh nang ndi" (pulang kemana?)
"nang omahku" (ke rumahku)
jawabnya.
"sopo koen?" (siapa kamu?) tanya mbah nang.
namun sosok itu melotot, tidak mau menjawab lalu menjerit kembali. pergolakan itu terus terjadi sampe akhirnya om gw datang. de no yg merupakan juru kunci di desa gw.
"sopo koen?" (siapa kamu?) tanya mbah nang.
namun sosok itu melotot, tidak mau menjawab lalu menjerit kembali. pergolakan itu terus terjadi sampe akhirnya om gw datang. de no yg merupakan juru kunci di desa gw.
sekali lihat, de no langsung tau, siapa yg
merasuki mbah bun.
"Lapo koen nang kene?" tanya de no ketus.
"Aku kate muleh" (aku mau pulang) jawabnya sambil melotot.
"Muleh, tapi koen gowo rogone wong" (pulang, tapi kamu di dalam raga seseorang)
terjadi perdebadan yg panjang
"Lapo koen nang kene?" tanya de no ketus.
"Aku kate muleh" (aku mau pulang) jawabnya sambil melotot.
"Muleh, tapi koen gowo rogone wong" (pulang, tapi kamu di dalam raga seseorang)
terjadi perdebadan yg panjang
intinya, mkhluk itu tidak sengaja kesedot
tubuh mbah bun ketika beliau mlamun. untuk itu, gw cuma mau berpesan, hati2
bila melamun, pikiran yg kosong membuka diri kita utuk lebih muda di masuki.
setelah terjadi tawar menawar bagaimana makhluk itu keluar, rupanya, dia mau syarat
setelah terjadi tawar menawar bagaimana makhluk itu keluar, rupanya, dia mau syarat
dia mau keluar hanya saja nanti, de no harus
mengantarnya dengan cara di gendong di punggung.
de no pun menyanggupi permintaanya, bila di lihat dengan mata kosong, de no seperti berjalan dengan posisi menggendong, namun bag mereka yg bisa melihat, ada sosok gadis kecil disana
de no pun menyanggupi permintaanya, bila di lihat dengan mata kosong, de no seperti berjalan dengan posisi menggendong, namun bag mereka yg bisa melihat, ada sosok gadis kecil disana
sampai saat ini, gadis itu masih ada disana,
hanya saja, sekarang ia tidak lagi suka berjalan2 ke desa gw lagi, entah
kenapa. sekarang, kita menuju ke bangunan gereja 200 meter dari gedung TK,
disana terkenal dengan satu Hantu wanita
warga menyebutnya dengan.. hantu wanita
menangis.
Namanya adalah Suparlan, biasa di panggil
wak parlan, beliau adalah orang tua yg rumahnya berada persis di depan gereja,
kiri kanan rumahnya hanya tanah kosong, disana di tanami berbagai tanaman
kebun, Ubi, pisang, cabai dan sebagainya.
pernah, beliau bercerita, bila gereja di
depan rumahnya memiliki aura mistis yg tidak biasa, bila hanya kuntilanak,
pocong atau yang lainya, wak parlan sudah biasa, karena dulu, beliau adalah
salah satu pekerja pabrik yg sudah lama pensiun. namun, gereja ini lain dari yg
lain.
suatu malam, godaan menganggu tidurnya, ia
di bayangi oleh sosok wanita yg meminta tolong. cantik, nan menggugah adalah
bahasa yg ia pakai untuk menggambarkan ayunya wanita ini. sehingga ia terbangun
dari tidurnya, kemudian, rintihan menangis menelusup telinganya.
halus nan lembut suara itu seolah
menghipnotisnya, karena tanpa ia sadari, ia sudah berdiri di pagar gereja jawi
wetan.
tidak sulit membuka pintu pagarnya, karena memang beliaulah yg di beri mandat untuk menjaga gereja ini. kini, ia tergoda untuk tau, apa arti mimpinya.
tidak sulit membuka pintu pagarnya, karena memang beliaulah yg di beri mandat untuk menjaga gereja ini. kini, ia tergoda untuk tau, apa arti mimpinya.
di telusurinya lorong demi lorong, pintu2
besar dari kayu jati beberapa kali mencuri pandangnya, seolah di guratan yg
terbuka itu ada sosok yg mengintipnya, namun, takut bukan kawan baik seorang
parlan, yg konon memiliki ilmu kebatinan.
rupanya, suara itu berasal dari gudang
belakang, tempat dimana kursi dan meja rusak di susun ala kadarnya. dengan
gemuruh gelisah, parlan merasa ada yg ganjil dari ruangan ini. selama ini, ia
ke gereja hanya untuk membersihkan rumput dan menyapu lahan dari dedaunan pohon
randu.
sehingga, ia tidak tau menahu akan apa yg
ada di dalam ruangan2 ini.
setengah hatinya berbisik untuk pergi dan angkat kaki, namun setengahnya lagi, berkata, ada penasaran yg harus di lunasi.
tanganya tua, namun tegas, meski kaki gemetar menopang badan ringkih.
setengah hatinya berbisik untuk pergi dan angkat kaki, namun setengahnya lagi, berkata, ada penasaran yg harus di lunasi.
tanganya tua, namun tegas, meski kaki gemetar menopang badan ringkih.
tak kala suara krieeet dari pintu tua
terbuka, ia hanya melihat ruangan seukuran kamar tidurnya, tidak terlalu besar,
namun bedanya, sangat berantakan.
tak di dengarnya lagi suara tangisan itu. ketika tangan terpatri untuk menutup lagi, sudut mata parlan menatap ujung ruang.
tak di dengarnya lagi suara tangisan itu. ketika tangan terpatri untuk menutup lagi, sudut mata parlan menatap ujung ruang.
seseorang tengah meringkuk disana, sudut nan
gelap mengaburkan kehadiranya, parlah awalnya ragu. mana ada seseorang disini,
dini hari, meringkuk menyendiri.
Parlan mendekatinya, di tepis pikiran buruknya, mungkin ia terkunci, dan tidak ada yg mengetahui ucap hati kecilnya.
Parlan mendekatinya, di tepis pikiran buruknya, mungkin ia terkunci, dan tidak ada yg mengetahui ucap hati kecilnya.
namun, kaki sudah melangkah, tak ada waktu
untuk berbalik kembali.
"Mbak, nuon sewu, panjenengan sinten nggih" (mbak mohon maaf, anda siapa ya)
suara gemetar Parlan, menghentikan tangisanya, namun jawaban tak kunjung bersambut, dalam kengerian, ia terjebak di dimensi asing.
"Mbak, nuon sewu, panjenengan sinten nggih" (mbak mohon maaf, anda siapa ya)
suara gemetar Parlan, menghentikan tangisanya, namun jawaban tak kunjung bersambut, dalam kengerian, ia terjebak di dimensi asing.
karena pertanyaan tak dapat jawaban, Parlan
menyentuh tangan gadis misterius di depanya.
sampai,
wajahnya terangkat, dan Parlan bisa melihatnya dengan jelas, wanita yg ada dalam mimpinya, menangis, merintih, kemudian, menjerit.
Parlan terjerembab, bukan karena jeritanya, namun
sampai,
wajahnya terangkat, dan Parlan bisa melihatnya dengan jelas, wanita yg ada dalam mimpinya, menangis, merintih, kemudian, menjerit.
Parlan terjerembab, bukan karena jeritanya, namun
bola mata gadis itu, tidak ada pada
tempatnya.
air mata di piinya hanya tangisan merah dari darah yg mengalir dari 2 lubang kosong tempat seharusnya bola matanya berada.
yg Parlan ingat hanya dzikir kecil, berharap ia sadar dengan apa yg ia lihat.
air mata di piinya hanya tangisan merah dari darah yg mengalir dari 2 lubang kosong tempat seharusnya bola matanya berada.
yg Parlan ingat hanya dzikir kecil, berharap ia sadar dengan apa yg ia lihat.
namun, di tengah dzikir kecilnya, wanita itu
menjerit semakin keras, seolah2 ia marah, sangat marah, sehingga Parlan
akhirnya berlari pergi, ia tahu, ia dalam bahaya.
setelah kejadian itu, Parlan memohon diri, ia tidak mau lagi menjaga gereja itu dari makhluk yg membuatnya
setelah kejadian itu, Parlan memohon diri, ia tidak mau lagi menjaga gereja itu dari makhluk yg membuatnya
tidak dapat menahan diri. wanita yg
menangis, begitulah warga desa memanggilnya.
Malam ini, mau di lanjut gak.. tapi Thread
ini udah sangat panjang. takutnya membuat kalian bosan.
rencanaya, kita mau pergi ke timur, jadi dari zona utara, ke timur lalu baru selatan.
di selatan gw yakin udah banyak yg tau ada apanya.
jadi gimana enaknya??
rencanaya, kita mau pergi ke timur, jadi dari zona utara, ke timur lalu baru selatan.
di selatan gw yakin udah banyak yg tau ada apanya.
jadi gimana enaknya??
Thread ini di lanjut apa di bikin Thread
baru. kasihan buat yg baru baca??
dari sini gw bakal tulis semua yg paling
ganas dan bersingungan dengan desa gw, karena Zona timur adalah tempat yg
paling deket dengen desa gw.
di sebelah gereja ada sebuah gerbang besar,
tempat masuk keluarnya Truk pabrik.
tahun 2006, 3 tahun pasca gw pernah di incar oleh salah satu penghuni di zona selatan. gw gak pernah lagi pergi ke pabrik di bagian selatan lagi.
namun gw masih sering berkunjung di zona lain.
tahun 2006, 3 tahun pasca gw pernah di incar oleh salah satu penghuni di zona selatan. gw gak pernah lagi pergi ke pabrik di bagian selatan lagi.
namun gw masih sering berkunjung di zona lain.
untuk apa?
jawabanya, mengejar layang2.
jadi bila musim adu layang2, biasanya gw dan Endah, yg waktu itu kita sudah akrab, dan orangnya ternyata cukup menyenangkan.
kami berdua biasa ngumpul di gerbang timur ini. karena begitu ada layangan yg putus, gw ama Endah siap buat msuk
jawabanya, mengejar layang2.
jadi bila musim adu layang2, biasanya gw dan Endah, yg waktu itu kita sudah akrab, dan orangnya ternyata cukup menyenangkan.
kami berdua biasa ngumpul di gerbang timur ini. karena begitu ada layangan yg putus, gw ama Endah siap buat msuk
masuk disini itu masuk ke pabrik.
benar dugaan gw, Endah nunjuk ada satu layangan yg putus, tanpa pikir panjang, gw lompat ke pager di ikuti Endah.
buat kaian yg gk tau Endah, dia adalah teman TK sekaligus tetangga gw yg, bisa lihat hal2 begituan.
benar dugaan gw, Endah nunjuk ada satu layangan yg putus, tanpa pikir panjang, gw lompat ke pager di ikuti Endah.
buat kaian yg gk tau Endah, dia adalah teman TK sekaligus tetangga gw yg, bisa lihat hal2 begituan.
kami langsung mengikuti layang2 yg sesuai
prediksi gw masuk ke pabrik. buat kalian yg bingung, kok tidak ada satpam yg
berjaga, karena tahun 2006 adalah 2 tahun pasca pabrik ini akhirnya gulung
tikar. yaitu tahun 2004.
gw dan Endah langsung berlari.
gw dan Endah langsung berlari.
sialnya, layangan itu masuk ke gudang baru.
di gudang baru, atapnya dulu adalah seng, tinggi sekali hampir lebih dari 40 meter, maklum ini salah satu bangunan peninggalan belanda, jadi gudangnya gak umum tingginya.
hanya saja, seng2 yg jadi atap sudah pada berlubang.
di gudang baru, atapnya dulu adalah seng, tinggi sekali hampir lebih dari 40 meter, maklum ini salah satu bangunan peninggalan belanda, jadi gudangnya gak umum tingginya.
hanya saja, seng2 yg jadi atap sudah pada berlubang.
gw masih mencari2 kemana layang itu
nyangkut. gw terus dan terus menatap ke atap, sampai gw denger Endah mengatakan
"Assalamualaikum"
kaget gw waktu denger, karena disana, cuma ada gw, jadi, Endah ngasih salam ke siapa?!
kaget gw waktu denger, karena disana, cuma ada gw, jadi, Endah ngasih salam ke siapa?!
"sopo to seng mok salami?" (siapa
sih yg kamu beri salam)
"iki lo, mbah e" (ini loh mbah)
"mbah sopo? (mbah siapa)
Endah gak jawab, lalu ngajak gw jalan lagi, gw, tiba2 merinding.
"iki lo, mbah e" (ini loh mbah)
"mbah sopo? (mbah siapa)
Endah gak jawab, lalu ngajak gw jalan lagi, gw, tiba2 merinding.
"metu ae yo" (keluar aja yuk) kata
Endah tiba2.
"Lho lapo to, koyok keweden ngene" (loh kenapa sih, kok kaya ketakutan gini)
"seng nduwe nggon iki gak seneng ambek kene" (yg punya tempat ini gak suka sama kita}
gw yg bisa lihat wajah panik Endah, bingung. Endah bisa takut jg?
"Lho lapo to, koyok keweden ngene" (loh kenapa sih, kok kaya ketakutan gini)
"seng nduwe nggon iki gak seneng ambek kene" (yg punya tempat ini gak suka sama kita}
gw yg bisa lihat wajah panik Endah, bingung. Endah bisa takut jg?
akhirnya kami berlari kembali ke gerbang
tempat gw masuk, tapi tiba2, gw lihat seekor burung merah, emang dasar gw ini
sampe gk sadar gw ngejar itu burung dan kepisahlah sama Endah.
rupanya, hal ini membuat gw nyesel seumur hidup bahkan sampe sekarang.
rupanya, hal ini membuat gw nyesel seumur hidup bahkan sampe sekarang.
karena Endah harus menanggung akibatnya.
gw ngejar burung itu sampe jauh masuk ke dalam pabrik. bisa di bilang, di pusat pabrik, samping gedung besar atau bisa di bilang paling besar, di sisi bangunan itu ada cerobong asap pabrik yg paling terkenal.
gw kaget waktu melihatnya.
gw ngejar burung itu sampe jauh masuk ke dalam pabrik. bisa di bilang, di pusat pabrik, samping gedung besar atau bisa di bilang paling besar, di sisi bangunan itu ada cerobong asap pabrik yg paling terkenal.
gw kaget waktu melihatnya.
gw nyari2 Endah, dan gw gk nemuin dia,
akhirnya gw menelusuri jalan gw tadi. namun, gw baru paham apa maksud Endah, di
waktu siang bolong, gw merasa gk sendirian, malah, seperti di pusat keramaian.
gw emang gk bisa lihat, tapi bila kalian jadi gw, rasanya seperti jadi tontonan
gw emang gk bisa lihat, tapi bila kalian jadi gw, rasanya seperti jadi tontonan
gw mulai lari, tapi semakin gw jauh lari
ngikutin jalan, semakin gw tersesat. seolah jalanya ya emang cuma ini2
aja.
jantung gw rasanya gk karuan. dan gw gk bisa bayangin seberapa marahnya bapak kalau tau anaknya yg badung ini masuk ke pabrik lagi tanpa beliau tahu
jantung gw rasanya gk karuan. dan gw gk bisa bayangin seberapa marahnya bapak kalau tau anaknya yg badung ini masuk ke pabrik lagi tanpa beliau tahu
yg jelas, ketika gw udah capek. gw cuma
nangis,
nangis di waktu gw udah SMP, sangat memalukan memang, tapi, gw udah di liputi perasaan campur, takut, khawatir, bingung, dan ketika gw nangis, tumpah aja semuanya.
di tengah2 hal itu, gw denger Endah manggil gw.
nangis di waktu gw udah SMP, sangat memalukan memang, tapi, gw udah di liputi perasaan campur, takut, khawatir, bingung, dan ketika gw nangis, tumpah aja semuanya.
di tengah2 hal itu, gw denger Endah manggil gw.
rupanya, itu memang Endah.
dia langsung menggil gw, minta gw pegang bajunya, gw inget Endah cuma bilang.
"wes, ojok delok mburi pokok'e" (sudah, jangan lihat ke belakang pokoknya)
gw dasarnya emang gampang penasaran, gw, lihat ke belakang, tapi gk ada apa2, kecuali
dia langsung menggil gw, minta gw pegang bajunya, gw inget Endah cuma bilang.
"wes, ojok delok mburi pokok'e" (sudah, jangan lihat ke belakang pokoknya)
gw dasarnya emang gampang penasaran, gw, lihat ke belakang, tapi gk ada apa2, kecuali
yg gw pegang, udah bukan baju Endah lagi,
lebih ke seperti batang daun kelor, yg di bawa oleh pria tua.
gw, otomatis kaget untuk beberapa saat, sampe gw bisa nguasai diri gw, karena sepertinya, beliau tidak menyakiti gw sama sekali, tapi lebih ke nunjukin jalan.
gw, otomatis kaget untuk beberapa saat, sampe gw bisa nguasai diri gw, karena sepertinya, beliau tidak menyakiti gw sama sekali, tapi lebih ke nunjukin jalan.
gw akhirnya ikut.
gw di bawa ke sebuah gudang baru lagi, disana, gw lihat Endah, tersungkur dengan memegang kakinya, gw yg lihat itu langsung nyamperin, betapa khawatirnya gw, Endah merintih nahan sakit, rupanya, waktu dia nyari gw, dia gk sengaja lompat dari "Bok" (pijakan)
gw di bawa ke sebuah gudang baru lagi, disana, gw lihat Endah, tersungkur dengan memegang kakinya, gw yg lihat itu langsung nyamperin, betapa khawatirnya gw, Endah merintih nahan sakit, rupanya, waktu dia nyari gw, dia gk sengaja lompat dari "Bok" (pijakan)
padahal, pijakanya gk tinggi. tapi, kakinya
Endah seperti di gebuk sama benda keras sekali.
yg gw inget, di tengah2 Endah nahan sakit, dia cuma bilang.
"Celuken mas Uji" (panggilkan saja mas Uji)
yg gw inget, di tengah2 Endah nahan sakit, dia cuma bilang.
"Celuken mas Uji" (panggilkan saja mas Uji)
Mas Uji itu kakaknya Endah, gw gk paham
maksudnya, jadi gw akhirnya lari ke gerbang, belum sampe gerbang, gw papasan
sama Mas Uji yg buat gw bertanya2, kenapa oran ini bisa ada disini.
Mas Uji manggil gw. "Loh nang ndi Endah, gak maen ambek awakmu tah?"
Mas Uji manggil gw. "Loh nang ndi Endah, gak maen ambek awakmu tah?"
(Loh dimana Endah, bukanya kalian maen
bareng?)
"Endah tibo mas, nang kono" (Endah jatuh mas, disana) teriak gw. akhirnya lari.
disana, kakinya Endah sudah bengkak sekali.
gw, udah gak lihat kakek2 itu lagi.
"Endah tibo mas, nang kono" (Endah jatuh mas, disana) teriak gw. akhirnya lari.
disana, kakinya Endah sudah bengkak sekali.
gw, udah gak lihat kakek2 itu lagi.
sesampainya di rumah, bapaknya Endah marah
besar sama gw, sehingga hal ini sampe ke telinga bapak, gw di marahin habis2an,
namun dari semua kejadian itu, banyak hal janggal terjadi.
yg pertama adalah salam dari Endah.
yg pertama adalah salam dari Endah.
sejak awal masuk ke gudang baru, rupanya
Endah melihat kakek2 itu menyambut mereka, hanya saja, beliau mengatakan,
jangan masuk lebih dari ini, daripada dia tahu.
yg di maksud dia adalah, yg punya tempat ini.
yg di maksud dia adalah, yg punya tempat ini.
bila gw pikir kembali peristiwa ini, gudang
baru hampir di pusat pabrik, dan itu tepat di samping bangunan utama samping
cerobong asap, apakah maksud yg punya tempat ini adalah rajanya.
yg kedua, rupanya ketika gw ngejar burung itu, Endah ngelihat gw kaya di rasuki cepat sekali
yg kedua, rupanya ketika gw ngejar burung itu, Endah ngelihat gw kaya di rasuki cepat sekali
karena ketika Endah berusaha ngejar, gw udah
ngilang begitu saja.
Endah panik. akhirnya, dia nyari lebih ke dalam, nah, ketika dia masuk ke tempat ini, dia melihat Naga yg besar sekali, berjaga di bawah cerobong asap, disini Endah ketakutan dan lari meninggalkan tempat itu
Endah panik. akhirnya, dia nyari lebih ke dalam, nah, ketika dia masuk ke tempat ini, dia melihat Naga yg besar sekali, berjaga di bawah cerobong asap, disini Endah ketakutan dan lari meninggalkan tempat itu
namun, karena begitu buru2, dia melompat di
beberapa pijakan yg tingginya gk seberapa, ada yg dari tadi mengincar Endah,
sehingga akhirnya kakinya di pukul, Endah sendiri bilang, yg mukul itu, badanya
Gemuk, bongsor, punya payudara kaya perempuan, tapi bertaring dan menggerikan
tapi, makhluk itu hanya melotot terus waktu
Endah sudah tidak bisa jalan.
yg terakhir, bagaimana Mas Uji tiba2 tau Endah disana, kata mas Uji sendiri, dia di jemput anak2 kecil, mereka bilang adiknya dalam bahaya, dan dia menunjuk ke pabrik.
yg terakhir, bagaimana Mas Uji tiba2 tau Endah disana, kata mas Uji sendiri, dia di jemput anak2 kecil, mereka bilang adiknya dalam bahaya, dan dia menunjuk ke pabrik.
Mas Uji yg tau dimana Endah biasanya berada
segera menyusul, rupanya dugaanya benar, Mas Uji bertemu gw, dan anak2 yg
nunjukin jalan sudah lenyap.
sekarang, Endah menjadi cacat, dia jalan dengan kaki terpincang2, setiap gw ngelihat dia, gw masih ngerasa bersalah.
sekarang, Endah menjadi cacat, dia jalan dengan kaki terpincang2, setiap gw ngelihat dia, gw masih ngerasa bersalah.
namun, Endah tidak pernah membahas hal itu
lagi. karena bisa keluar hidup2 darisana itu sudah patut di syukuri, di bandingkan
dengan seseorang yg di temukan gantung diri di pohon waru di samping bangunan
utama.
karena kata Endah, itulah nasib bagi mereka yg sudah melihat wujud
karena kata Endah, itulah nasib bagi mereka yg sudah melihat wujud
RAJANYA.
0 Response to "PARA PENGHUNI PABRIK GULA BY SIMPLEMAN"
Post a Comment