Contoh Soal Pemrograman Dasar |
A. Beri tanda silang (X) pada huruf a,b,c,d atau e didepan jawaban yg benar!
1. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut ...
a. Proses
b. Program
c. Algoritma
d. Step
e. Diagram
2. Algoritma berasal dari kata ..
a. Algorith
b. Algorithm
c. Algorism
d. Aritmatika
e. Algoritma
3. Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat ...
a. Sebelum pembuatan program
b. Pada saat program dibuat
c. Sesudah pembuatan program
d. Pada saat verifikasi program
e. Pada saat di jalankan
4. Berikut adalah pernyataan yang benar tentang algoritma, kecuali ...
a. Notasi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman
b. Tidak ada notasi yang baku dalam penulisan teks algoritma seperti notasi bahasa pemrograman
c. Pembuatan atau penulisan algoritma tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun
d. Pembuatan atau penulisan algoritma tergantung pada bahasa pemrograman tertentu
e. Algoritma sebenarnya digunakan untuk membantu kita dalam mengkonversikan suatu permasalahan ke dalam bahasa pemrograman
5. Secara umum struktur algoritma terdiri dari 3 bagian. Bagian yang menjelaskan secara singkat tentang apa tujuan algoritma adalah ....
a. Nama/judul algoritma
b. Deklarasi
c. Deskripsi
d. Header
e. Prosedure
6. Sedangkan bagian yang menjelaskan serangkaian langkah-langkah instruksi atau pernyataan untuk memproses input untuk menghasilkan output dalam algorithma adalah ....
a. Deskripsi
b. Deklarasi
c. Nama/judul algoritma
d. Header
e. Prosedure
7. Perhatikan algoritma berikut!
1) Mulai
2) Menempel perangko di amplop
3) Surat dimasukkan amplop
4) Menutup amplop
5) Menulis Surat
6) Mengantar ke kantor pos
7) Selesai
Urutan algoritma yang benar adalah ...
a. 1-2-3-4-6-5-7
b. 1-6-2-3-4-5-7
c. 1-6-2-3-5-4-7
d. 1-5-3-4-2-6-7
e. 1-6-5-4-2-3-7
8. Di berikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah ...
a. 15 dan 0
b. 0 dan 15
c. 15 dan 15
d. 0 dan 10
e. 10 dan 15
9. Proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer disebut ...
a. Programer
b. Pemrograman
c. Algoritma
d. Program
e. Desain
10. Suatu metode yang penulisan logika penyelesaian masalah menggunakan bahasa yang disamarkan dari bahasa pemograman disebut metode penulisan...
a. Flowchart
b. Pseudocode
c. Bahasa alami
d. Pemrograman
e. Bagan alir dokumen
11. Model penulisan dan perancangan algoritma menggunakan simbol bangun ruang dalam mempresentasikan proses program disebut....
a. Bagan alir dokumen
b. Bahasa narasi
c. Pemrograman
d. Pseudocode
e. Flowchart
12.
Gambar diatas merupakan simbol yang berfungsi untuk mengawali dan mengakhiri algoritma, simbol tersebut bernama ...
a. Terminator
b. Flow Line
c. Preparation
d. Decision
e. Proses
13.
Gambar diatas merupakan simbol yang berfungsi untuk perbandingan pernyataan dan penyeleksian data untuk pilihan langkah selanjutnya, simbol tersebut bernama ...
a. Terminator
b. Flow Line
c. Preparation
d. Decision
e. Proses
14.
Nama dan fungsi dari simbol diatas adalah ...
a. Terminator dan arah aliran program
b. Decison dan permulaan / akhir program
c. Preparation dan proses inialisai / pemberian harga awal
d. Proces dan melakukan proses pengolahan data
e. Flow line dan perbandingan pernyataan, penyeleksian data untuk pilihan langkah selanjutnya
15.
Sedangkan nama dan fungsi dari simbol diatas adalah ...
a. Terminator dan arah aliran program
b. Decison dan permulaan / akhir program
c. Preparation dan proses inialisai / pemberian harga awal
d. Flow line dan perbandingan pernyataan, penyeleksian data untuk pilihan langkah selanjutnya
e. Proces dan melakukan proses pengolahan data
16. Identifier yang digunakan untuk mengidentifikasi data yang nilainya sudah ditentukan dan tidak dapat dirubah saat program berjalan adalah ...
a. Define
b. Main
c. Prosedur
d. Variabel
e. Konstanta
17. Suatu program terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi sebagai subprogram (program bagian) adalah ...
a. Define
b. Main
c. Prosedur
d. Variabel
e. Konstanta
18. Sedangkan suatu tempat untuk menampung nilai atau data yang dapat berubah – ubah disebut ...
a. Define
b. Main
c. Prosedur
d. Variabel
e. Konstanta
19. Berikut merupakan aturan penamaan variabel di dalam bahasa pemrograman, kecuali ...
a. Variabel bisa terdiri dari huruf, angka dan karakter underscore ( _ ) dengan karakter pertama harus berupa huruf
b. Variabel tidak boleh menggunakan karakter underscore ( _ )
c. Variabel harus selain dari keyword
d. Penamaan variabel tidak boleh menggunakan spasi
e. Karakter pertama dari variabel hanya boleh berupa huruf dan underscore ( _ ), tidak bisa berupa angka
20. Pemberian nama variabel yang benar adalah ...
a. nilai_siswa
b. Nilai Siswa
c. nilai/siswa
d. %nilai siswa
e. &Nilai Siswa
B. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan algoritma!
2. Jelaskan pedoman yang harus dilakukan membangun algoritma dengan flowchart!
3. Sebutkan dan jelaskan dengan disertai gambar 5 simbol yang digunakan untuk membuat algoritma flowchart!
4. Buatlah algoritma membuat mie instan.!
5. Jelaskan macam-macam tipe data berikut:
a. Integer
b. String
c. Double
d. Float
e. boolean
0 Response to "Contoh Soal Pemrograman Dasar Kelas X Teknik Komputer Jaringan 2020/2021"
Post a Comment